Setengah abad lamanya Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) telah berdiri dan memantapkan eksistensinya sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Tengah. Dalam perkembangannya, banyak kemajuan yang telah diraih UMP Baik di bidang pendidikan, penelitian ataupun pengabdian masyarakat. Produk UMP? Sangat jelas mampu bersaing dalam berbagai bidang, baik sebagai profesional di dunia kerja ataupun kemandirian di bidang kewirausahaan. UMP memegang teguh komitmen mencetak generasi unggul, modern dan Islami.

Sabtu (13/6) memperingati milad UMP yang ke 50 tahun, bertempat di aula AK. Anshori UMP menggelar pidato milad bukan hanya di hadapan civitas akademikanya tetapi juga unsur pemerintah, masyarakat, TNI dan Polri. Ada yang berbeda dalam pidato milad tahun ini dibandingkan sebelumnya. UMP sekaligus juga meresmikan science techno park dan rusunawa yang lokasinya berada di area belakang kampus 1 UMP. Peresmiannya di hadiri langsung oleh Ir. H. Achmad Husein, bupati Banyumas dan Dr. Ir. Muhamad Dimyati M.Sc, deputi bidang sumber daya IPTEK Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI. Dalam sambutannya, rektor UMP, Dr. H. Syamsuhadi Irsyad, MH mengatakan UMP telah membuktikan diri menjadi perguruan tinggi yang maju, itu terlihat semakin bertambahnya kemampuan UMP di banyak bidang seperti perluasan lahan, bangunan, anggaran, SDM, mahasiswa, kualitas mahasiswa, prestasi, fakultas, prodi dan lainnya. Begitu pula dengan pendirian science techno park yang nantinya akan mengoptimalkan pengembangan salah satu penelitian keunggulan UMP yaitu kelapa kopyor. Penelitian ini diinisiasi oleh Sisunandar PhD, dosen pendidikan biologi UMP yang pernah meneliti tentang Development of Molecular Early Detection Technique to Support Seedling Production and Germplasm Conservation of Indonesian Elite Coconut Type Kopyor.

Bupati Banyumas, Ir. H. Achmad Husein mengucapkan selamat atas peresmian techno park ini. Menurutnya, UMP telah ikut berkontribusi dalam kesejahteraan masyarakat. Di usianya yang ke 50 UMP berhasil melewati berbagai hal, tantangan dan pengalaman. “Dengan komitmen dan konsistensi, UMP bisa menjadi universitas favorit baik di Banyumas maupun Jawa Tengah,“ katanya. Sementara itu, Dr. Ir. Muhamad Dimyati M.Sc, Dr. Ir. Muhamad Dimyati M.Sc, deputi bidang sumber daya IPTEK Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI menuturkan, berdasarkan klasifikasi Perguruan tinggi yang ada di dunia, mulai dari teaching university, research university, entrepreneur university dan world class university, UMP mampu menjadi research world class university.Setiap kami datang ke UMP, selalu ada prestasi yang sangat membanggakan. Harapannya besok ketika kami kesini lagi ada prestasi yang lebih membanggakan,” ujarnya. Prasasti peresmian ditandatangani oleh Dimyati, kemudian ketiganya secara simbolis menanam bibit kelapa kopyor.

Acara kemudian dilanjutkan di aula AK. Anshori, kantor pusat UMP. Di hadapan anggota senat, civitas akademika dan tamu undangan rektor memaparkan tentang UMP. Tak sedikit kemajuan yang telah dihasilkan UMP. Singkatnya, UMP meletakkan pondasi yang kokoh dengan telah disusunnya Rencana Induk Pengembangan (RIP) dan Cetak Biru Teknologi Informasi dan Komunikasi (CB TIK) UMP sampai dengan tahun 2013 dengan arahan kebijakan pendidikan nasional tentang isu strategis pendidikan tinggi yaitu daya saing bangsa, kesehatan organisasi dan otonomi perguruan tinggi yang bertujuan mewujudkan insan cerdas, kompetitif serta mengacu pada statuta UMP. Saat ini UMP berada pada peringkat 5 dari 173 PTM dan 173 PT di Indonesia (data webometrics per Januari 2015).

Rektor mengucapkan terima kasih pada seluruh warga UMP yang telah bersama-sama berjuang untuk meningkatkan daya saing dalam mewujudkan UMP sebagai center of excellence within the region (uswah hasanah, pusat keunggulan) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta sebagai driving force (kekuatan penggerak) gerakan dakwah dan tajdid Muhammadiyah. “Kami bertekad untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi pada waktu yang akan datang dan selalu berusaha meningkatkan kualitas mahasiswa didik menjadi sarjana yang beriman dan bertakwa,“ katanya. Rektor meyakinkan, komitmen civitas akademika UMP merupakan kekuatan utama pendukung program yang sedang dilaksanakan untuk kemajuan UMP. Dalam kesempatan ini, UMP juga memberikan penghargaan selesai studi lanjut S2 dengan predikat cum laude untuk 4 tenaga pengajar UMP dan pemberian bantuan biaya transport pulang kembali untuk 13 tenaga pengajar UMP yang telah selesai studi lanjut S2-S3. (Pra)

Iklan